Powered by Blogger.

Monday, August 10, 2015

Badan Semakin Gemuk Karena Ada 7 Kebiasaan Buruk

7:50 AM - No comments


Badan tidak ideal apa lagi terkesan gendut memang membuat kita tidak nyaman. Terutama jika berat badan Anda membuat semakin malas beraktivitas di luar rumah. Hal tersebut membuat Anda tidak PD dan ingin melakukan diet.

Tetapi, bukannya berat badan turun, namun semakin membengkak. Mungkin, ini salah satu penyebab berat Anda susah turun. Ada beberapa kebiasaan buruk yang biasa dilakukan banyak orang setelah makan makanan berat. Kebiasaan-kebiasaan apa saja itu?

Berikut kebiasaan buruk setelah mengonsumsi makanan berat, yang membuat Anda semakin gendut, seperti dilansir dari Bold Sky.

1. Tidur

Ini yang paling sering dilakukan setelah makan. Perut yang kenyang membuat mata kita mengantuk dan akhirnya tidur. Tidur setelah makan dapat memperlambat proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Hal ini juga menjadi salah satu faktor penting yang menyebabkan berat badan naik.

Anda harus menunggu selama minimal 2 jam setelah makan, agar proses pencernaan bisa kembali normal. Hal ini juga berlaku ketika malam hari, usahakan makan malam 2 jam sebelum tidur.

2. Malas-malasan

Kebiasaan umum setelah makan adalah duduk-duduk santai sambil mengobrol dengan keluarga atau teman-teman. Tahukah Anda bahwa hal itu juga bisa membuat berat badan Anda naik? Mitos bahwa Anda harus 'malas-malasan' setelah makan, itu kurang benar.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, hindari malas-malasan setelah makan. Anda bis berjalan-jalan santai selama 15 sampai 20 menit setelah makan, untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini juga membantu untuk pencernaan, sekaligus mencegah kembung.


3. Melonggarkan ikat pinggang

Untuk Anda yang memakai ikat pinggang, sering kali setelah makan, kita mengendurkan ikatan sabuk yang dipakai. Ternyata, hal tersebut bisa menyebabkan otot perut mengendur dan perut akan menjadi besar dan menonjol keluar. Sebaiknya, kebiasaan tersebut dihindari ketika setelah makan, agar badan tidak mudah gendut.


4. Mandi

Hal ini mungkin tidak terpikirkan sama sekali oleh banyak orang. Mandi setelah makan malam dapat memperlambat proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Hal ini akan memperlambat darah menuju perut dan menurunkan suhu tubuh, yang berakibat dapat memperlambat proses pencernaan.

Sebaiknya, Anda mandi setelah beberapa jam dari jam makan Anda tadi, atau bisa juga Anda mandi sebelum makan.


5. Merokok

Siapa yang suka merokok setelah makan? Jika Anda memiliki badan yang cenderung gendut, itu mungkin karena kebiasaan merokok setelah makan. Sebenarnya, merokok memang tidak baik dalam waktu kapanpun. Tetapi, merokok akan semakin berbahaya ketika dilakukan setelah makan.

Merokok setelah makan dapat menyebabkan keasaman, membakar hati, dan bahkan semakin membuat berat badan naik. Sangat mengkhawatirkan bukan? Ya, dalam kondisi apapun merokok memang sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan tubuh.


6. Olahraga berat

Malas-malasan memang tidak dianjurkan setelah makan. Tetapi, melakukan hal yang sangat berat setelah makan juga bisa berdampak buruk. Olahraga berat yang memicu banyak tenaga dan keringat adalah salah satunya. Melakukan hal-hal yang berat setelah makan, dapat meningkatkan tekanan darah dan subuh tubuh. Selain itu, juga bisa menyebabkan sakit perut dan kram.

Apa lagi jika Anda orang yang belum terbiasa melakukan kegiatan-kegiatan yang berat untuk tubuh. Hal tersebut dapat membahayakan tubuh Anda.


7. Makan buah

Kebiasaan ini juga sangat banyak dilakukan oleh banyak orang setelah makan. Mengonsumsi buah setelah makan langsung, dapat membuat perut tidak bisa mencerna buah tersebut. Buah tersebut akan terurai dalam perut dan membuat pencernaan akan lambat. Makanlah buah satu jam setelah makan, merupakan kebiasaan baik yang dapat mencegah berat badan naik.

Itulah 7 kebiasaan buruk yang sering dilakukan setelah makan. Jika Anda benar-benar ingin mengontrol berat badan tubuh, hal yang paling mudah dilakukan adalah jangan membuat tubuh semakin mengembang.

  • Share this post:

Selamat Datang

Semoga Artikel Saya Memberi Banyak Manfaat bagi semua orang dan Semoga Anda Semua di berikan Kesehatan IMS Health
View all posts by admin →

Recent Posts

0 comments:

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with our website!

back to top