Powered by Blogger.

Tuesday, August 11, 2015

STRESS!!! Yuk Lakukan Yoga

7:42 AM - No comments



Yoga merupakan olahraga asal India yang begitu populer di Indonesia. Awalnya juga diciptakan untuk memperbaiki teknik pernapasan Anda dan menjaga kesehatan mental. Sebab dengan serangkaian teknik yoga, Anda akan memperoleh ketenangan jiwa dan mendapatkan kekuatan spiritual.

Terlepas dari aspek spiritual tersebut, sudah banyak penelitian yang memaparkan manfaat fisiologis dari yoga. Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah manfaat melakukan yoga secara rutin.

Menurunkan stres
Ketika tubuh Anda stres atau tertekan, maka tubuh Anda mengeluarkan hormon kortisol yang membuat Anda selalu waspada namun Anda tubuh tetap berfungsi dengan baik. Sementara yoga akan membantu Anda dalam mengurangi produksi hormon kortisol tersebut sehingga akan membuat tingkat stres Anda turun dan Anda menjadi lebih tenang.

Mengeluarkan enzim antioksidan
Paparan zat berbahaya pada tubuh berkontribusi dalam pembentukan penyakit berbahaya seperti kanker dan mempercepat proses penuaan dalam tubuh. Untuk menangkal hal buruk ini, maka tubuh manusia membutuhkan sistem pertahanan internal yang kuat. Salah satunya adalah enzim antioksidan yang akan meningkat karena Anda melakukan yoga.

Merangsang sistem saraf
Yoga akan merangsang produksi sistem saraf parasimpatis. Sistem saraf ini berfungsi untuk menenangkan tubuh dan mengembalikan keseimbangan tubuh terutama setelah stres. Saat sistem saraf ini bekerja, darah akan mengalir ke kelenjar endokrin, organ pencernaan, dan organ lainnya yang mengurangi denyut jantung dan menurunkan tekanan darah.


Meningkatkan sistem kekebalan
Terlalu banyak hormon kortisol dalam tubuh, maka sistem kekebalan Anda akan menurun. Sedangkan yoga bermanfaat untuk mengurangi produksi hormon ini.

Menyembuhkan kecanduan
Dopamin, adalah zat kimia dalam otak yang dihasilkan untuk membuat Anda merasa puas. Dengan demikian jika zat ini telah ada dalam otak Anda, maka Anda tidak ingin mencari kepuasan lain. Dengan demikian yoga dapat memotong kecanduan Anda akan suatu hal.

Memperbesar otak
Setelah melakukan scan MRI, para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang rajin berlatih yoga memiliki volume otak yang lebih besar. Salah satu sebabnya adalah yoga mampu memperlancar aliran darah ke otak.

Menghilangkan hal negatif dalam tubuh
Anda sedang stres sebab pikiran Anda dipenuhi hal negatif? Lakukan yoga. Sebab yoga akan membantu Anda dalam melepaskan semua hal dan pikiran negatif.

Selain manfaat di atas, yoga juga mampu memperbaiki postur tubuh Anda lewat beberapa gerakannya. Tertarik untuk menjadikan yoga sebagai olahraga rutin

  • Share this post:

Selamat Datang

Semoga Artikel Saya Memberi Banyak Manfaat bagi semua orang dan Semoga Anda Semua di berikan Kesehatan IMS Health
View all posts by admin →

Recent Posts

0 comments:

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with our website!

back to top